Gejala Infeksi Bakteri E. Coli pada Burger McD, Ini yang Dialami Penderitanya

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:40 WIB
loading...
Gejala Infeksi Bakteri...
Wabah infeksi bakteri E. coli yang berasal dari burger McD telah menyebar di beberapa negara bagian Amerika. Sejumlah korban mengalami gejala serius. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Wabah infeksi bakteri E. coli yang berasal dari burger McDonald's (McD) telah menyebar di beberapa negara bagian Amerika. Kondisi ini memicu kekhawatiran setelah sejumlah korban mengalami gejala serius yang diduga terkait dengan menu tersebut.

Menurut laporan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), wabah E. coli ini diduga disebabkan karena bawang bombai pada burger Quarter Pounder McD yang dipasok oleh perusahaan pemasok bawang yang berbasis di California, Taylor Farms.

Dilansir dari CNN, Sabtu (26/10/2024), tercatat 75 orang jatuh sakit dan satu orang meninggal dunia karena infeksi bakteri ini. Di mana kasus ini sedikitnya terjadi di 10 negara bagian.

Jenis bakteri yang menyebabkan wabah ini adalah E. coli O157:H7. "Dengan jenis E. coli tertentu yang telah menjadi berita, kelompok yang paling cenderung rentan adalah lansia dan anak-anak," kata dokter penyakit menular anak di Mayo Clinic Children's Center di Rochester, Minnesota, Dr. James Gaensbauer.



Meskipun E. coli sangat umum dan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk infeksi saluran kemih dan flu perut, strain khusus ini bisa menyebabkan gejala gastrointestinal. Mulai dari kram perut, dan muntah yang harus diwaspadai.

"Dan yang terpenting diare yang menyakitkan yang terkadang bisa berdarah," jelas asisten profesor klinis kedokteran di Columbia University College of Physicians, Dr. Marcus Pereira.

"Beberapa orang juga dapat mengalami demam dan akhirnya mengalami dehidrasi karena tidak banyak makan atau minum saat diare. Kabar baiknya adalah, meskipun terkadang bisa parah, kebanyakan orang yang terkena E. coli O157:H7 sembuh dengan sendirinya," sambungnya.

E. coli atau Escherichia coli sendiri merupakan jenis bakteri umum yang hidup di usus manusia dan hewan, tetapi beberapa E. coli dapat membuat orang sakit. Orang dapat terinfeksi setelah menelan E. coli dari makanan atau air yang terkontaminasi atau melalui kontak dengan hewan, lingkungan, atau orang lain tempat bakteri tersebut berada.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)